Fakta Medis yang tercantum dalam Al-Quran

Sudah lama tidak memperbaharui blog ini, mudah-mudahan setiap hal-hal yang baru dan bermanfaat bisa juga disebarkan kepada masyarakat lainnya, jangan sampai pengetahuan-pengetahuan yang berharga hanya tersimpan tetapi harus juga bisa tersebarkan dan mudah-mudah bisa menjadikan manfaat bagi setiap orang yang membacanya.

Dikarenakan mendapat amanah untuk mengajar di sebuah Sekolah Tinggi Kesehatan, maka kebenaran-kebenaran agama yang berkaitan dengan kesehatan harus juga bisa disampaikan menurut penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli dibidangnya, dan mudah-mudahan setiap informasi yang dikutip ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah sehingga tidak menyesatkan.

Berikut pengutipan langsung yang diambil dari D-Artchitext’s Weblog Blog Tutorial Teknologi dan Multimedia Tentang Fakta Medis dalam Al-Quran

Fakta medis al-Quran ini merupakan salah satu bukti kedudukan al-Quran sebagai as-Syifa atau pemberi kesembuhan. Tidak hanya diartikan kesembuhan dalam arti religius yang kembali mengarahkan kepada jalan kebenaran saja, tetapi juga kesembuhan jasmani. Betapa tidak ayat-ayat al-Quran dapat dibuktikan kebenarannya dari sisi ilmu kedokteran dan kesehatan. Bahkan misteri lubang hitam-pun disebutkan al-Quran. Al-Quran memiliki banyak sekali keajaiban yang mengukuhkannya sebagai bukti wahyu dari Tuhan (Allah). Beberapa diantaranya adalah bukti kebenaran ilmiah al-Quran yang baru bisa dibuktikan teknologi modern telah disebutkan al-Quran lebih dulu. Adapun kali ini saya akan membahas beberapa fakta medis al-Quran:

Rasa Sakit di Kulit, Cerebrum, Menstruasi, 3 Lapisan Janin
Ayat mengenai keeempat poin di atas telah saya bahas sebelumnya pada ayat biologi sampai teori big bang.

Fakta Medis Usus dalam Al-Quran

Al-Quran mengancam orang-orang kafir dengan air panas yang mendidih di perut mereka. Alasan yang mendasari ancaman ini baru-baru ini menjadi jelas. Diketahui bahwa usus tidak terpengaruh dengan panas. Tetapi jika dipotong, air panas di dalamnya keluar ke peritoneum yang diumpankan melalui saraf dinding, otot-otot dada dan perut. Saraf ini terpengaruh dengan sentuhan atau panas, sehingga setelah usus dipotong menyebabkan tingkat rasa sakit tertinggi.

Perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya? (QS Muhammad:15)

Manusia Diciptakan dari Elemen Tanah dan Air

Penelitian ilmiah menunjukan unsur tanah dan unsur-unsur mineral lainnya dapat ditemukan di dalam tubuh manusia. Jaringan hidup tubuh mengandung karbon, hidrogen, oksigen, dan lain-lain. Perhatikan tabel berikut ini:
Fakta Medis AlQuran: kandungan mineral tubuh manusia

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah”. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya” (QS Shaad:71~72)
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (QS al-Mu’minun:12)
Ayat Quran tentang Keunikan Sidik Jari

Sidik jari terbentuk dalam embrio pada bulan keempat, dan tetap serta berbeda sepanjang hidup manusia. Tidak mengherankan bahwa ujung jari adalah salah satu tanda-tanda Allah yang mengandung rahasia ciptaan-Nya, dan memastikan setiap entitas manusia tanpa keraguan sehingga menjadi kesaksian yang paling asli baik di dunia ini maupun akhirat.

Aku bersumpah demi hari kiamat, dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri). Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya? Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun kembali ujung jari jemarinya dengan sempurna (Al-Qiyamah:1~4)
Bukti Medis Quran Rendahnya Oksigen dalam Ketinggian

Ratusan tahun lalu penelitian medis mulai menemukan fakta bahwa semakin atmosfer tinggi maka tingkat oksigen semakin rendah dan menyebabkan disapnea dan kesulitan bernafas.

Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. (QS Al-An’am: 125)

Selain itu ayat di atas juga memiliki dua bukti ilmiah yaitu pertama; bahasa “mendaki langit” dahulu dianggap hanya sebatas imajinasi saja namun Quran membuktikan pernyataan itu seperti ramalan yang menjadi nyata di jaman modern ini. Kedua; kata “sesak lagi sempit seolah sedang mendaki langit” adalah fakta medis al-Quran tentang rendahnya oksigen pada ketinggian yang disebutkan Quran jauh lebih awal.

Manfaat Menyusui dengan ASI
Dalam referensi ilmiah yang sangat akurat, Quran menentukan periode laktasi dengan hampir dua tahun karena enzim dan membran selaput sistem pencernaan dan kinetika pencernaan dan penyerapan tidak mencapai fungsi lengkap kecuali pada tahun kedua setelah melahirkan. Selain itu banyak sekali manfaat menyusui seperti mencegah pendarahan setelah melahirkan, membantu uterine kembali normal dan lain-lain.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS Luqman:14)
Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf..(QS Al-Baqarah:233)

Manfaat dan Kegunaan Madu
Tidak diragukan lagi madu memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat yang berlimpah seperti mengurangi peradangan kornea jika digunakan secara reguler pada mata, antibiotik pada luka sayat dan luka bakar, sebagai antioxidant, sebagai obat pada flu hepatitis kronis dan lain sebagainnya.

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia” (QS An-Nahl 68)

Buah-buahan Sebelum atau Sesudah Makan?
Sebelum makan, seseorang baiknya mulai dengan makanan lunak dan mudah dicerna (seperti buah-buahan) untuk mempersiapkan kelenjar mulut mengeluarkan cairan peptikum (saliva amilase) atau kelenjar di perut dan duodenum untuk mulai berfungsi secara bertahap dalam mencerna makanan. Baru setelah beberapa menit kemudian dapat mulai makan hidangan utama. Dan ternyata hal ini sejalan dengan apa yang dinyatakan dalam Al-Quran.

buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.. (QS Al-Waqiah:20~21)

Wudhu dan Kesehatan
Wudhu tidak hanya membersihkan organ eksternal saja, tapi faktanya memiliki dampak psikologis dan spiritual jauh lebih luas maknanya dari sekedar kata-kata terutama ketika menyempurnakan wudhu. Proses membasuh organ jelas memiliki manfaat yang luas bagi kesehatan dalam menjaga vitalitas, kebersihan dan kesegaran.

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah… (QS Al-Maidah:6)

Manfaat Kesehatan Puasa Ramadhan
Tidak diragukan lagi Puasa khususnya pada bulan Ramadhan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja memberi waktu istirahat pada sistem pencernaan tubuh, mengurangi berat badan, mengurangi tingkat kolesterol pada darah, mengistirahatkan sistem pada ginjal dan keuntungan psikologis dan pendidikan lainnya.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS Al-Baqarah:183)

Al-Quran adalah Kesembuhan
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa al-Quran memberikan efek kesehatan dan ketenangan jiwa. Tapi apakah efek-efek tersebut hanya terbatas pada jiwa saja? Tidak, beberapa ulasan di atas adalah sebagai buktinya, itulah kenapa salah satu sebutan bagi al-Quran adalah as-Syifa atau sebagai penyembuh.

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian (QS Al-Isra:82)

Beberapa fakta medis al-Quran di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak bukti keagungan al-Quran lainnya. Tidak hanya dari segi ajarannya saja, mendengarkannya saja sudah mendapat pahala (lihatFakta Menarik Al-Quran dan Keajaibannya). Lebih dari itu, susunan dan kandungannyapun memiliki pengaruh yang luar biasa. Dua diantaranya adalah Autosugesti, yaitu olah ketenangan dan tanda baca atau tajwid sebagai olah pernafasan. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh Malik Badri dan Muhammad Salim membuktikan bahwa hanya dengan mendengarkan al-Quran, seorang muslim baik yang berbahasa Arab maupun tidak, mampu merasakan perubahan fisiologis seperti penurunan depresi dan kesedihan, bahkan mendapatkan ketenangan dan menolak berbagai macam penyakit. Subhanallah…
Referensi: Medical Miracles of the Holy Quran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s