Mendidik murid = mendidik diri

sebagai seorang guru atau pengajar adalah hal yang sangat luar biasa, karena kita mungkin akan merasa bangga apabila murid yang kita didik ternyata menjadi orang besar karena motivasi yang kita berikan selama dia sekolah.

kita mungkin akan merasa bangga karena usaha kita ternyata ada manfaatnya, sehingga mudah-mudahan kita digolongkan ke dalam orang yang terbaik diantara manusia, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “orang yang paling baik diantara kalian adalah orang yang paling banyak manfaatnya kepada orang yang lain”.

dan kita juga harus bersyukur terhadap pekerjaan kita, karena kita akan mendapatkan pahala yang banyak dari usaha kita tersebut, karena sebagai pendidik kita mungkin akan terus menerus menularkan kebaikan kepada anak didik kita bukan sebaliknya, sebagaimana sabda RAsulullah saw juga ” barang siapa yang memenunjukan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang mengerjakan kebaikan tersebut”
wow that’s great to be a teacher

Ditambah dengan profesi guru yang multisuper, maksudnya segala bidang ilmu pengetahuan harus di pelajari, dan segala bidang kemampuan harus ditekuni, dan intinya seorang guru adalah hidup untuk belajar dan belajar, that what i like. karena selain proses belajar sangat menarik dan akan mendapatkan banyak keuntungan kita juga akan mendapatkan pahala dan derajat yang sangat tinggi di hadapan sang pencipta.

“niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” QS. 58:11

dikatakan guru harus menguasai segala bidang kemampuan yaitu guru harus bisa menjadi seorang manajer, psikiater, pemimpin, pemberi inspirasi, pendorong, penyayang, pemerhati dsb. sehingga 99 asmaul husna harus melekat di sifat seorang pendidik tersebut.

jadi jangan pernah berhenti belajar dan menyerah untuk menjadi seorang guru yang profesional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s